9 Tips SEO Terbaru Agar Website Anda Berada Di Halaman Pertama Google

Percuma rasanya jika kamu sudah susah payah membangun sebuah website, namun tidak ada satupun orang yang tahu akan keberadaan website tersebut. Membangun citra sebuah website tidak cukup dengan marketing dari mulut ke mulut. Paling berapa orang sih yang akan berkunjung ke website kamu dengan strategi seperti itu?

Tidak! Memasarkan website tidak sama dengan memasarkan pisang goreng dipinggir jalan. Yang kamu butuhkan adalah pemasaran secara digital atau lebih familiar dengan sebutan digital marketing. Ada banyak sekali jenis digital marketing, salah satunya adalah SEO (Search engine optimization). Mengapa sebuah website perlu SEO? Sebab, untuk dapat diketahui oleh orang banyak, website tersebut harus ‘ada’ ketika dicari. Dicari dimana? Ya disearch engine, seperti google. Dengan mengusai teknik-teknik SEO, website kamu akan berpeluang besar untuk tampil dihalaman pertama google. Sehingga orang-orang akan lebih ramai berkunjung ke websitemu.

Selain itu, faktor lain yang membuat SEO itu diminati banyak orang adalah, karena teknik ini gratis. Kamu tidak perlu keluar uang satu sen pun untuk melakukan teknik ini. Kecuali kalau kamu bayar jasa SEO. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa tips SEO yang bisa kamu terapkan ke website kamu.

  1. Backlink

Backlink merupakan sebuah link dari website lain yang mengarah ke website kamu. Meskipun sudah banyak yang berubah dari algoritma google dalam memberikan peringkat website, namun backlink tetaplah menjadi pondasi. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah, jangan asal-asalan memberikan backlink ke websitemu. Kamu mesti mencari backlink yang berkualitas. Indikatornya apa? Salah satunya adalah dari website yang memiliki domain authority (DA) yang tinggi.

 

Sebelum menanam sebuah backlink, kamu harus mengecek terlebih dahulu domain authority dari website tersebut.

 

  1. Judul, meta description, meta keyword

Jangan sembarangan dalam memberikan judul, bagaimanapun google itu adalah robot, dia akan melacak judul sebelum menampilkan hasil. Setelah itu baru masukkan meta description dan meta keyword. Usahakan dalam meta description dan judul terdapat keyword yang kamu incar.

 

Jika kamu pengguna wordpress, kamu bisa install plugin SEO by Yoast. Plugin tersebut sangat bagus untuk SEO. Plugin Yoast bisa memanipulasi judul artikel yang akan ditampilkan di search engine, menambahkan description dan keyword.

 

  1. Atur Friendly permalink

Permalink merupakan struktur URL yang  ditampilkan pada address bar website kamu. Tampilkan judul pada permalink, sebab robot mesin pencari juga akan membaca permalink dari website.

 

  1. Gunakan alt tags dan title tags pada gambar

Robot google tidak bisa membaca gambar, yang dia baca hanyalah title dan alt tag dari gambar tersebut. Jadi jangan lupa masukan keyword yang kamu incar pada alt tags dan title tags gambar.

 

  1. Sitemaps

Sitemap atau peta situs akan membantu google dalam mengindex halaman website kamu. Jadi kamu harus submit peta situs di google webmaster.

 

  1. Gunakan HTTPS

Google cenderung lebih memilih situs-situs yang aman untuk berada dihalaman pertama hasil pencarian. Kenapa? Karena google tidak ingin kehilangan kepercayaan dari pengguna mereka. Oleh sebab itu, situs-situs yang memiliki SSL atau HTTPS akan memiliki peringkat yang lebih baik ketimbang situs dengan HTTP.

 

  1. Percepat loading website

Google juga tidak ingin mengecewakan penggunanya dengan menampilkan situs-situs yang lambat. Untuk itu kamu perlu mengecek kecepatan situs saat diaksese, kemudian lakukan optimasi agar loading situsmu jadi lebih cepat.

 

  1. Bangun tampilan yang responsive

Saat ini website tidak hanya diakses dari desktop, melainkan juga dari smartphone, dan masing-masing smartphone memiliki ukuran layar yang berbeda-beda. Google lebih suka dengan situs yang bisa dibuka diberbagai ukuran layar. Artinya tampilan situs tersebut tidak berantakan jika dibuka diukuran layar yang berbeda-beda.

 

  1. Content is king

Kamu pernah mendengar konten adalah raja? Ya, bagaimana pun pada akhirnya konten akan mempengaruhi seberapa pantas website kamu berada dihalaman pertama google. Sedikit berbagi pengalaman, dulu saya pernah membuatkan konten untuk website baru yang berumur sekitar 3 bulan. Konten tersebut dibuat dengan pembahasan mendalam, dan riset yang cukup lama, setelah dipublish, artikel tersebut langsung mendapat respon bagus dan banyak dishare pembaca di media sosial. Alhasil artikel tersebut secara perlahan masuk ke halaman pertama google dan bertahan disana sampai sekarang.

 

Google akan menempatkan artikel-artikel yang memiliki user engagement yang tinggi pada halaman pertama.

Demikian tips untuk dapat menembus halaman pertama google. Point 1-8 merupakan pondasi dari SEO. Namun pada akhirnya konten tetap yang paling menentukan.

 

 

Jika kamu ingin memiliki website dan tidak terlalu paham bagaimana cara membuatnya, kamu bisa beli jasa pembuatan website profesional.

Share This

Share This

Share this post with your friends!