Apa itu butterfly Effect ? Secara sederhananya adalah kepak saya kupu-kupu yang kecil di suatu tempat ternyata dapat menyebabkan badai di tempat lain yang berjauhan dalam waktu tertentu.

Sebenarnya ini adalah sebuah pemikiran dari bagian teori Chaos yang dikemukan pertama oleh Edward Norton Lorenz, Intinya bahwa kepakan sayap kupu-kupu yang ada di hutan belantara Brasil, yang secara berkesinambungan dapat memicu tornado atau badai di Texas beberapa waktu bulan kemudian.

Apakah itu Masuk akal? Jika secara langsung mungkin tidak akan terlihat masuk akal, Tapi coba perhatikan video berikut ini

Bagaimana sudah logis? Ternyata hal kecil jika digerakan (perumpamaan di video adalah tangan manusia yang menggerakan jika hal lain, bisa seperti kepakan sayap kupu-kupu)

Masih belum percaya? Nah berikut beberapa hal yang akan membuat teman-teman berpikir ulang. Ternyata beberapa kejadian sejarah besar Dunia dipicu oleh hal sepele.

  1. Seorang anak Kuba yang bernama Elian Gonzales yang terdampar di Amerika menyebabkan Sadam Hussein dipenggal atau di Gantung.

Lho Bisa? Bukankah Irak dibombardir atau diinvasi oleh Amerika atas pimpinan Presiden AS George W Bush karena penyebab disangka punya nuklir.

Apakah anak tersebut ada hubunganya dengan nuklir? Tidak sama sekali. Tapi Anak tersebut ada hubungannya membuat Presiden Bush terpilih.

Secara garis besarnya, Ternyata anak kuba tersebut menjadi isu rebutan kedua negara kuba dan Amerika di ajang pemilihan presiden. Ada dua kandidat presiden namun Bush menang dalam isu tersebut.

Lalu jika saja bukan Bush yang terpilih, akan kah terjadi invasi ke iraq dan Sadam Husein digantung?

mantan Presiden Irak Saddam Hussein | foto BBC.com
Elian Gonzalez bersama sang ayah Miguel González Quintana. (Reuters)

2. Sebuah kutipan majalah Reader’s Digest membuat seseorang menjadi milyarder dan membuat Bill Clinton menjadi Presiden Amerika Serikat

Milyarder tersebut adalah Ross Perot, Ya seorang milyarder pemilik perusahaan EDS. Ternyat dia adalah seorang mantan pegawai IBM. Pemicu awal Perot keluar IBM adalah karena ide-idenya sering diabaikan.

Namun yang membuatnya benar-benar keluar adalah sebuah kutipan majalah reader’s diggest ketika Perot sedang menunggu saat akan cukur.

Lalu apa yang hubungan dengan Bill Clinton, Ternyata Bill Bisa menang karena ada kandidat yang menghadang pesaing beratnya Bush. Lalu siapa yang menhadang Bush? Ternyata Perot, dia ikut jadi kandiat presiden jalur indenpenden dan dapat 18,9 persen suara yang mayoritas suara pendukung Bush. Jika Perot tidak ikut Prisiden kemungkinan Bush yang akan menang.

Mantan calon presiden dari partai Demokrat, Hillary Clinton berjalan dengan suaminya, Bill Clinton (Win McNamee/Pool Photo via AP)

3. Sebuah Surat Ditolak dan Memicu Perang Vietnam

4. Menyelematkan seseorang saat peranga yang ternyata Hitler, Akibatnya 60 Juta Nyawa Jadi Korban

5. Pengemudi Salah arah Belok dan menyebabkan Perang Dunia

Nah kurang lebih seperi itulah Butterfly Effect, Sama halnya juga dalam bisnis. Banyak pebisnis yang sukses penyebabnya hal sepele yang bahkan diluar prediksinya.

Lalu hal sepele apakah itu?

Jawabannya Memulai atau melangkah.

Apakah marzuckberg pendiri Facebook kepikiran bahwa Facebook akan sebesar sekarang?

Atau Jeff Bezos pendiri amazon.com terpikir akan menjadi toko online terbesar di dunia?

Atau Jack ma juga terpikir akan menjadi toko online terbesar di China?

Dan tahukan, mereka bertiga memulai dari sebuah kamar kecil, Jadi tidak terbesit akan sebesar sekarang walaupun mereka memiliki impian besar juga, Tapi sebesar sekarang di luar prediksi mereka.

Jadi mereka tidak memikirkan hal tersebut, Tapi Fokus Memulai saja.

Karena banyak kasus juga, Mereka tidak menyangka dengan apa yang telai dimulai seperti, mas Zacky pendiri bukalapak.com atau Wiliam pendiri Tokopedia.

Kalau dari pengalaman admin seh, tidak menyangka juga menulis menjadi sumber pemasukan utama, dulu awalnya iseng bikin di blog gratis dan ternyata bisa menghasilkan juta-jutaan perbulannya.

Kalau kata mas Ipho Santosa, Dalam berbisnis memulai itu sudah setengah perjalanan, tinggal sisa perjalanan lagi kita selesaikan.

Karena masalahnya memulai bagi sebagian orang adalah hal sulit, padahal hanya perlu satu langkah saja.

Misal dulu admin mau bisnis di marketplace, awalnya bingung tapi memulai dulu saja membuka toko, setelah beberapa bulan diabaikan, lalu karena mulai terinspirasi yang lain mulai coba update prodak. Lalu lama-kelamaan mulai terisi cukup banyak dan menghasilkan juga.

Yups seperti tagline tokopedia, MULAI AJA DULU

Seperti cerita yang membaca kutipan di majalah bisa mengubah menjadi presiden, semoga tulisan ini juga bisa menjadi awal masa depan teman-teman untuk sekadar memulai.

Baca juga >> Inilah mengapa kamu tidak bahagia

Support by Jasa pembuatan website profesional

Share This

Share This

Share this post with your friends!