Cara Meningkatkan Domain Authority Website

Beberapa tahun lalu google mengumumkan bahwa mereka tidak lagi memberikan update untuk Google Page Rank, yang mana itu digunakan sebagai salah satu indikator untuk menentukan kualitas sebuah website.

Setelah itu muncul sebuah indikator baru yang bernama domain authority (DA) yang dikembangkan oleh MOZ. Semakin tinggi nilai DA sebuah website, semakin tinggi pula kualitas website tersebut. Ada banyak sekali manfaat dari DA, salah satunya adalah untuk meyakinkan pengiklan bahwa website kamu layak sebagai tempat beriklan.

Dalam memberikan nilai DA, MOZ memiliki banyak sekali metrik. Namun kamu bisa mengikuti tips berikut ini untuk menaikkan nilai domain authority website mu.

  1. Pilih nama domain yang sesuai

Jika kamu belum memiliki domain, kamu harus mempertimbangkan ini. Pastikan nama domainmu sesuai dengan tema website yang akan buat. Contoh, seperti web-bisnis.com, karena konten membahas seputar website, kami memasukkan keyword kedalam domain. Itupun akan memudahkan pembaca dalam mengingat domain jika sewaktu-waktu mereka ingin kembali berkunjung.

 

Namun bila kamu sudah terlanjur memiliki domain, tidak masalah, ini hanya satu dari sekian banyak faktor.

 

  1. Buatlah konten yang bisa ditautkan oleh orang lain

Maksudnya gini, konten yang bagus biasanya akan menarik perhatian orang-orang untuk dibagikan kepada orang lain, baik itu di media sosial ataupun di website mereka. Ini berarti bahwa konten kamu relevan dengan konten-konten mereka.

 

Semakin banyak konten kamu dibagikan, semakin banyak konten kamu dibahas diwebsite lain, berarti semakin tinggi tingkat kepercayaan terhadap website kamu. Ingat, domain authority adalah tingkat kepercayaan terhadap website kamu, jika website kamu tidak pernah dibahas orang lain, bagaimana mungkin orang-orang bisa menaruh kepercayaan terhadap website kamu?

 

Jadi jangan asal-asalan dalam membuat konten. Buatlah konten yang menarik perhatian orang untuk membahasnya kembali di website mereka.

 

  1. Optimalkan SEO on-page

SEO dan DA merupakan dua hal yang saling terkait satu sama lain. Ketika SEO kamu bagus, DA kamu biasanya juga tinggi. Atau ketika DA kamu tinggi, biasanya website kamu cenderung memiliki peringkat yang bagus digoogle.

 

Untuk itu, optimalkan SEO dalam konten dihalaman kamu. Seperti membuat alt tag dan title tag pada gambar, gunakan garis miring atau tebal untuk kata-kata tertentu.

 

  1. Perbaiki struktur internal link

Banyak orang-orang yang terlalu sibuk dengan ekternal link sehingga mereka melupakan internal link di website mereka. Padahal internal link juga sangat penting. Sebagai tambahan informasi buat kamu yang masih awam dengan eksternal link dan internal link, eksternal link merupakan link dari luar yang mengarah ke website kamu. Ini bisa saja seperti link yang ditanam dikolom komentar, atau link dari dalam artikel yang diarahkan ke website kamu. Sedangkan internal link adalah link dari dalam websitemu yang diarahkan ke konten lain yang ada diwebsite kamu. Jadi simplenya, eksternal link merupakan link dari luar. Sedangkan internal link adalah link dari dalam web yang diarahkan ke konten lain yang ada didalam web yang sama. Paham?

 

Kembali ke pokok bahasan, internal link berarti membantu pengunjung untuk tetap terhubung dengan website kamu. Jangan biarkan mereka pergi begitu saja setelah melihat satu konten, kamu bisa tautkan konten-konten lama yang masih relevan dengan konten tersebut, sehingga pengunjung bisa menggali lebih dalam tentang website kamu.

 

  1. Hapus broken link

Backlink tidak selamanya bagus, ekternal link yang buruk justru akan merusak website kamu. Kamu bisa menghapus broken link ini di google webmaster.

 

  1. Pastikan website kamu responsif atau ramah untuk pengguna smartphone

Saat ini sebagian besar website justru diakses dari perangkat smartphone. Jadi kamu harus membuat design web yang ramah untuk pengguna seluler, jangan sampai website kamu justru berantakan saat dibuka dari handphone. Jika demikian, berarti kamu sudah tertinggal jauh dari kompetitormu.

 

  1. Promosikan konten kamu di media sosial

Media sosial juga memiliki pengaruh yang besar, beritahu orang-orang tentang konten-konten yang ada di website kamu. Tapi ingat, bagikan di forum-forum yang benar-benar relevan dengan konten kamu. Jangan asal promosi, misalkan jika konten kamu membahas seputar website, jangan share artikel kamu di forum pecinta hewan peliharaan. Itu hanya akan sia-sia. Pastikan benar-benar sesuai dengan konten kamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan domain authority websitemu. Bila kamu ingin memiliki website namun tidak ada waktu untuk membuatnya, kamu bisa memakai jasa pembuatan web professional.

Share This

Share This

Share this post with your friends!