Ini Dia Potensi Website Travel Di Indonesia

Bisnis travel adalah salah satu bisnis yang nyaris tidak akan pernah mati, setidaknya sampai beberapa puluh tahun yang akan datang. Kenapa? Karena hingga saat ini belum ada satupun teknologi yang mampu membuat seseorang bisa bepergian dari satu tempat ke tempat lain dalam sekejab mata. Dan sepertinya akan nyaris mustahil untuk ditemukan. Solusinya? Ya orang-orang masih membutuhkan alat transportasi untuk bepergian.

Oleh sebab itu bisnis travel akan tetap selalu memiliki pangsa pasar yang besar. Termasuk di Indonesia. Terlebih dengan jumlah penduduk Indonesia yang begitu banyak, dan wilayah yang sangat luas, bisnis travel sangat menjanjikan untuk mendapatkan omset yang besar. Apalagi daerah-daerah di Indonesia dipisahkan oleh pulau-pulau kecil maupun pulau besar. Sehingga dibutuhkan alat transportasi yang banyak untuk menghubungkan daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Namun permasalahanya adalah, selain kebutuhan alat transportasi yang banyak, di era sekarang ini orang-orang justru ingin segala sesuatunya berjalan dengan lebih cepat. Banyak orang-orang diluar sana yang tidak ingin mengantri untuk mendapatkan tiket, atau tidak ada waktu untuk membeli tiket di luar. Sehingga mereka cenderung lebih memilih menggunakan perusahaan travel yang dapat mengakomodasi keinginan mereka. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, maka diperlukan sebuah sistem yang mampu melakukan reservasi tiket dari jarak jauh. Salah satunya adalah dengan penggunaan website.

Dengan website, kamu selaku pemilik bisnis bisa tetap melakukan transaksi jual beli dengan pelanggan tanpa harus bertatap muka. Sehingga, kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus takut pelanggan kamu tidak ada waktu datang ke kantor untuk bertransaksi. Sebab dengan webiste, meskipun pelanggan berada di kota yang berbeda, atau di negara yang berbeda sekalipun, mereka akan tetap bisa melakukan pemesanan asalkan masih terhubung dengan internet.

Mungkin ada dari pembaca sekalian yang berfikiran, bahwa sekarang sudah mulai banyak website-website yang bergerak dibidang travel seperti reservasi tiket pesawat ataupun kereta api, faktanya memang lebih dari satu, tapi tidak banyak. Dan semua itu masih belum cukup untuk mengakomodasi 250 juta lebih rakyat Indonesia. Sehingga persaingan di bisnis travel masih sangat sehat.

Mari kita buka mindset kita lebih luas lagi. Bisnis travel tidak hanya sebatas itu. Jika kamu tidak sanggup bersaing di level penjualan tiket pesawat, kamu bisa mengambil lingkup yang lebih kecil seperti menawarkan paket liburan ke tempat-tempat wisata tertentu. Itu jauh lebih spesifik dan target marketnya juga jelas. Atau jika kamu merasa masih belum sanggup bersaing dengan menawarkan paket liburan, kamu bisa membuat website travel untuk reservasi tiket bus dari satu kota ke kota lain. Sehingga pelanggan kamu tidak perlu repot-repot datang ke pool untuk membeli tiket terlebih dahulu.

Penggunaan teknologi seperti website bisa meningkatkan jangkauan pasar dari bisnismu. Jika saat ini kamu sudah memiliki bisnis travel, namun masih dijalankan secara tradisional, kamu seperti menahan jaring di kolam kecil, yang mana kadang ada ikan, dan terkadang justru tidak ada sama sekali. Padahal di depan kamu ada potensi yang lebih besar jika kamu mau berusaha lebih. Untuk itu kamu harus melakukan transformasi bisnis dari bisnis tradisional, ke bisnis yang memanfaatkan teknologi.

 

Bila kamu tidak memiliki kemampuan untuk membuat website, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website travel profesional. Dengan demikian kamu hanya perlu fokus untuk memasarkan bisnismu.

 

Share This

Share This

Share this post with your friends!