Ini Dia Tips Membuat Design Website Yang Membuat Pengunjung Betah

Selain konten yang berkualitas, salah satu faktor yang membuat pengunjung bertahan lama pada suatu website adalah, design website yang nyaman dan gampang digunakan, atau biasa juga dikenal dengan istilah user friendly.

Jika kamu biasa menggunakan google analytic, pada website yang memiliki design jelek cenderung memiliki bounce rate yang tinggi, artinya bahwa si pengunjung langsung menutup halaman website kamu setelah dia mengakses. Ini disebabkan karena design atau tata letak website kamu susah dimengerti. Untuk menghindari hal-hal seperti itu, berikut kami paparkan bagaimana membuat design website yang baik.

 

  1. Sesuaikan warna dengan jenis website kamu.

 

Ada banyak sekali jenis warna, entah itu warna pastel, warna flat, ataupun yang lainnya. Setiap jenis warna dapat mewakili perasaan dari pengunjung kamu. Sebagai contoh, jika website kamu adalah website toko online yang menjual pakaian wanita, maka warna yang cocok adalah jenis warna pastel. Karena warna pastel terlihat sangat soft, dan kebanyakan wanita suka dengan warna tersebut.

 

Jangan asal-asalan dalam memilih warna, karena faktor kecil seperti ini sangat berpengaruh kepada pengunjung website kamu. Usahakan tetap memilih kode-kode warna yang sudah tersedia. Namun jika kamu ingin berkreasi sendiri dengan kode warna, pastikan warna tersebut terlihat singkron satu sama lain.

 

  1. Buatlah website yang responsif

 

Kalian mesti memahami bahwa sekarang sudah eranya smartphone. Jika kalian berfikir bahwa website tersebut hanya di akses melalui desktop, kalian salah besar. Justru dari pengalaman kami, saat ini website lebih banyak dibuka melalui smartphone. Jadi, jangan hanya mendesign website untuk desktop, melainkan juga mendesign untuk handphone.

 

Salah satu cara membuat website kalian tetap bagus saat dibuka dari desktop atau smartphone adalah, dengan membuat website yang responsif. Website responsif akan menyesuaikan tampilan dengan ukuran layar. Sehingga tidak membuat pengunjung jengkel jika ada halaman yang terpotong saat diakses dari smartphone. Kejadian seperti itu sering ditemukan pada website yang tidak responsif.

 

  1. Tombol navigasi yang gampang

 

Mungkin sebagian dari kalian pernah dibuat kesal oleh website yang memiliki tombol navigasi yang sulit untuk ditemukan. Misalnya ketika kalian belanja produk secara online, setelah menambahkan beberapa produk kedalam keranjang belanja, kalian justru kebingungan dimana posisi tombol checkout nya saat hendak menyelesaikan transaksi. Nah ini salah satu contoh website yang memiliki tombol navigasi yang kurang baik. Kalian pasti nggak mau dong jika hal tersebut terjadi di website yang kalian kelola. Website yang memiliki navigasi yang jelek sangat berpotensi ditinggalkan oleh pengunjungnya, ini akan sangat fatal jika terjadi pada website toko online. Omset kalian bisa menurun drastis karena hal ini. Jadi pastikan posisi navigasi kalian mudah dilihat oleh pengunjung.

 

  1. Gunakan font yang sesuai

 

Pernah nggak kalian mengunjungi sebuah website dan font dari website tersebut membuat sakit mata? Jika pernah, jangan lakukan hal yang sama! Tips pertama dalam menentukan font adalah, jangan gunakan terlalu banyak jenis font dalam 1 halaman. Maksudnya gini, misal di judul kalian menggunakan font A, di paragraf artikel kalian menggunakan font B, di artikel terkait kalian menggunakan font C, di menu kalian menggunakan font D. Itu akan membuat pengunjung kalian pusing. Gunakan 1-2 jenis font agar konten website kalian terlihat tetap serasi satu sama lain.

 

Setelah itu kalian bisa menggunakan jenis font awesome atau font-font yang memang sudah terbukti bagus. Caranya mudah, cukup kunjungi website yang menurut kalian memiliki font bagus, kemudian inspect element pada fontnya, disana akan terlihat jenis font apa yang mereka gunakan. Namun biasanya untuk website-website besar, mereka menggunakan jenis font premium dan berbayar. Jika kalian punya budget lebih, tidak masalah. Tapi jika kalian tidak punya terlalu banyak dana, font-font gratis juga banyak yang terlihat mengesankan.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian terapkan untuk membuat pengunjung website kalian merasa nyaman.

 

 

Jika kalian berada di Jakarta dan tidak mengerti teknik pembuatan website yang user friendly, kalian bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional di Jakarta.