Ini Dia Tips Memilih Hosting Yang Bagus. Jangan Sampai Tertipu!

Selain domain, hosting merupakan komponen lain yang kamu butuhkan untuk menjalankan sebuah website. Hosting merupakan tempat penyimpanan dari file-file website kamu, seperti gambar, kodingan, dan sebagainya. Tanpa hosting, web kamu tidak akan bisa dijalankan. Kecuali kalau kamu menggunakan blogspot.

Saat ini sudah banyak sekali beredar penyedia layanan hosting, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun tidak semua penyedia hosting itu memiliki kualitas yang sama. Kamu mesti selektif dalam memilih hosting untuk website kamu. Jangan sampai hanya karena iming-iming harga yang murah, kamu lantas memilih hosting yang ternyata memiliki kualitas jelek. Harga itu masalah terakhir. Sebelum melihat harga, kamu harus melihat fitur-fitur yang ditawarkan oleh pihak provider untuk sebuah paket hosting, dan bandingkan apakah fitur-fitur tersebut cocok atau tidak dengan kebutuhan kamu. Nah untuk itu, dalam memilih paket hosting, kamu bisa perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Disk space

Disk space merupakan kapasitas penyimpanan dari hosting kamu. Kamu perlu memerhatikan berapa besar kapasitas yang diberikan oleh provider untuk paket hosting yang kamu pilih. Pastikan besaran disk space yang diberikan dapat menunjang kebutuhan website kamu.

 

  1. Bandwidth

Simplenya bandwitdh itu merupakan jumlah data yang didownload setiap kali halaman website kamu didownload. Sebagai contoh, jika rata-rata halaman web kamu besarnya 500 kb. Kemudian dalam 1 hari, ada 100 pengunjung yang mengakses web kamu. Dan masing-masing pengunjung mengunjungi 3 halaman. Jadi hitungan bandwitdh yang terpakai adalah 500 kb x 100 x 3 = 150.000 kb atau 150 mb. Itulah besaran bandwidth yang terpakai oleh website kamu.

 

Saat memilih hosting, kamu perlu melihat berapa besaran bandwidth yang diberikan oleh provider kepada kamu setiap bulannya. Sebaiknya pilih penyedia layanan yang menyediakan bandwidth unmetered kepada penggunanya. Sehingga tidak ada batasan pengunjung yang bisa mengakses halaman kamu.

 

  1. Domain

Kamu harus perhatikan apakah dalam paket hosting yang ditawarkan, apakah sudah include gratis domain atau tidak. Jangan sampai kamu sudah bayar mahal untuk hosting, ternyata harus bayar domain lagi. Saat ini sudah banyak provider yang memberikan domain gratis untuk pilihan paket tertentu di hosting yang mereka tawarkan. Ini perlu kamu cermati!

 

  1. Support Softaculous

Softaculous merupakan sebuah software untuk memudahkan kamu dalam menginstall CMS seperti wordpress, joomla, dll. Ada banyak sekali CMS yang tersedia di softaculous. Saran kami pilih provider yang memberikan softaculous didalam cpanel.

 

  1. Add on domain

Dengan add on domain, kamu bisa mengupload lebih dari satu website pada hosting yang sama. Misalkan kamu punya 2 domain. Satu domain sudah memiliki hosting dan bisa diakses. Nah sedangkan satu lagi belum. Dengan add on domain, kamu bisa menambahkan domain tersebut ke hosting yang sama dengan domain yang sebelumnya. Sehingga keduanya bisa diakses secara online. Namun kamu perlu menyadari bahwa cara ini sebenarnya sangat beresiko. Sebab jika salah satu website terserang malware, maka website juga akan terkena imbasnya.

 

  1. Gratis SSL

Coba kamu perhatikan beberapa website yang saat ini kamu akses, disamping kiri nama domain di URL pasti ada yang tertulis ‘HTTP’ dan ‘HTTPS’. Apa bedanya? HTTPS lebih aman. Huruf ‘S’ itu berarti security. Bahkan saat ini google lebih cenderung memberikan posisi lebih tinggi kepada website-website dengan HTTPS dihalaman hasil penelusuran. Lantas bagaimana mendapatkannya? Kamu perlu menambahkan SSL pada domainmu. Biasanya SSL ini berbayar, namun saat ini sudah ada beberapa provider yang memberikan SSL gratis bagi penggunanya.

 

  1. Uptime server

Ini merupakan kecepatan server saat merespon pengunjung yang mengakses halaman website mu. Kami menyarankan agar kamu memilih hosting yang memiliki uptime server diatas 99%. Dengan demikian hanya ada kemungkinan 1% websitemu akan down setiap harinya.

 

  1. Lokasi server

Terakhir adalah dimana posisi server hosting itu berada. Intinya, semakin dekat posisi pengunjung dengan lokasi server web, makan semakin cepat waktu respon webmu saat diakses. Pertama kamu harus menentukan dulu dinegara mana target pengunjungmu, jika targetnya adalah dari Indonesia, kamu bisa menggunakan hosting yang lokasi servernya di Singapura atau di Indonesia. Sebaiknya hindari lokasi server yang berada di Inggris ataupun Amerika.

Itulah beberapa tips yang harus kamu terapkan saat memilih sebuah hosting. Jika kamu tidak ingin pusing dalam memilih hosting dan membuat website, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional murah.

Share This

Share This

Share this post with your friends!