Ini Dia Tips Untuk Mempercepat Loading website

Selain tampilan yang bagus, salah satu faktor yang membuat pengunjung betah berada di website kamu adalah loading website yang cepat. Pengunjung cenderung meninggalkan website yang memiliki loading yang lama. Kamu bisa gunakan indikator berikut ini untuk melihat website kamu termasuk cepat atau lambat.

  1. Dibawah 1 detik, sempurna
  2. 1-3 detik, diatas rata-rata
  3. 3-7, rata-rata
  4. Diatas 7 detik, lambat

Untuk mengecek kecepatan websitemu, kamu bisa gunakan tools tools.pingdom.com atau gtmetrix.com. Setelah itu, kamu bisa bandingkan hasilnya dengan indikator diatas. Apakah websitemu termasuk lambat atau cepat.

Pada tahun 2006, salah satu e-commerce terbesar di dunia, Amazon.com mengatakan bahwa peningkatan kecepatan website sebesar 100 milidetik, atau 0,1 detik bisa meningkatkan pemasukan mereka sebesar 1%. Bukan hanya itu saja, mereka juga mengatakan bahwa mereka bisa kehilangan $ 1,6 miliar per tahun jika website mereka melambat 1 detik. Fantastis bukan?

Banyak penelitian yang membahas tentang dampak negatif dari melambatnya sebuah website. Secara umum ada beberapa dampak yang dapat kita simpul dari website yang lambat :

  1. Jumlah pengunjung akan berkurang
  2. Untuk toko online, pendapatan akan menurun
  3. SEO website menjadi tidak optimal

Untuk itu, bagaimana cara meningkatkan loading website? Lakukan tips berikut ini.

  1. Hapus plugin yang tidak terpakai

Jika kamu pengguna wordpress, silakan hapus plugin-pluign yang menurut kamu itu tidak diperlukan. Semakin banyak plugin yang terinstall, akan semakin lambat loading websitemu. Memang plugin dapat membantu fungsi dari web kamu, tapi kamu harus mensortir terlebih dahulu plugin yang akan kamu install. Karena jika yang kamu install adalah plugin yang tidak bagus, itu justru akan membuat loading web kamu menjadi semakin lambat.

 

  1. Perkecil resolusi gambar

Pastikan resolusi gambar yang kamu upload benar-benar sesuai dengan resolusi yang akan kamu pakai. Maksudnya gini, misalkan kamu mengupload gambar dengan resolusi 600 x 600, dan ternyata gambar tersebut akan kamu tampilkan di web dengan ukuran 400 x 400. Artinya kamu melakukan pemborosan sebesar 200 x 200.

 

Jika kamu sudah terlanjur mengupload gambar, kamu bisa menggunakan tools dari Gtmetrix.com untuk mengecek kecepatan websitemu. Disana akan ditampilkan mana saja gambar-gambar yang resolusinya harus diperbaiki.

 

  1. Optimasi ukuran gambar

Bila kamu perhatikan, website yang memuat banyak gambar akan lebih lambat ketika diakses ketimbang website yang hanya berisi tulisan. Kenapa? Karena ketika kita mengakses sebuah halaman, semua komponen yang ada didalamnya akan dipanggil, dan gambar memiliki ukuran yang jauh lebih besar ketimbang tulisan. Oleh sebab itu, kamu harus mengcompress ukuran gambar sebelum di upload.

 

Jangan upload gambar yang memiliki ukuran sebesar 1 mb atau lebih. Usahakan ukuran maksimal yang diupload adalah 100 kb. Kamu bisa menggunakan software editing foto yang mengecilkan ukuran gambar, atau bisa juga menggunakan tools online.

 

Kalau kamu pengguna wordpress, kamu bisa menggunakan plugin WP Smush untuk mengecilkan ukuran gambar yang kamu upload.

 

  1. Gunakan plugin cache

Mungkin kamu pernah merasa bahwa ada yang web yang pertama kali kamu akses terasa lambat, namun lama kelaman menjadi cepat, kenapa bisa demikian? ini merupakan efek dari caching browser. Artinya bahwa browser sudah menyimpan file-file dari website tersebut, sehingga ketika diakses lagi, browser tidak mendownload ulang file tersebut dari website, sehingga terasa jadi lebih cepat.

 

Buat kamu pengguna wordpress, kamu bisa mengaktifkan cache ini langsung pada website, tidak hanya pada browser. Ada beberapa yang bisa kamu pakai, bebererapa diantaranya adalah W3 Total Cache dan WP Super Cache.

 

  1. Pilih hosting yang cepat

Terakhir adalah gunakan hosting yang cepat. Sebab point 1-4 tidak akan optimal jika menggunakan hosting yang lambat atau jelek. Kamu bisa baca artikel kami tentang bagaimana tips memilih hosting yang baik. (Link ke artikel tentang cara memilih hosting)

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempercepat loading websitemu. Namun jika sudah menerapkan tips diatas dan website kamu masih lambat, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional surabaya untuk redesign website.

Share This

Share This

Share this post with your friends!