Semakin tahun jumlah pengguna internet di Indonesia semakin meningkat. Terlebih dengan semakin maraknya jumlah smartphone murah yang beredar di masyarakat, hal itu juga turut andil dalam meningkatnya penggunaan internet.

Bagi mereka yang jelly melihat peluang, tingginya jumlah pengguna internet justru dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Banyak perusahaan-perusahaan internet yang bermunculan seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet. Untuk skala global, sebut saja seperti Facebook, Google, Amazon, ataupun Alibaba. Sedangkan di Indonesia sendiri ada Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya.

Jika kamu perhatikan, ada satu kesamaan dari semua bisnis yang mereka jalankan, yakni semuanya sama-sama bermula dari website. Lantas apa keuntungan memiliki website untuk bisnis yang kita jalankan? Kami akan jabarkan keuntungan tersebut dalam beberapa jenis bisnis kamu.

  1. Bagi perusahaan yang tidak menjual barang secara online

Mungkin sebagian kamu berfikir bahwa website itu cuma cocok untuk bisnis yang menjual barang secara online. Namun faktanya tidaklah demikian. Website sangat disarankan untuk apapun jenis bisnis yang kamu geluti. Nah sekarang pasti ada sebagian kamu yang bertanya kenapa, toh juga tidak ada yang dijual di website tersebut. Baiklah kita akan bahas secara lebih terperinci. Pertama, website bisa meningkatkan citra brand kamu. Umumnya, masyarakat lebih suka berbelanja pada produk-produk yang mereka kenal. Sulit untuk percaya pada produk yang merknya asing bagi kita. Dengan konten yang berkualitas di website, kamu bisa mengedukasi masyarakat tentang betapa bagusnya brand yang kamu ciptakan. Untuk penjelasan lebih jauh, kamu bisa baca artikel kami tentang bagaimana content marketing bisa meningkatkan penjualan.

 

Selain itu, website juga menunjukkan kepada konsumen bahwa bisnis kamu benar-benar profesional. Hampir semua perusahaan besar memiliki website untuk menceritakan profil mereka. Apapun itu, baik perusahaan yang menjual sembako, perusahaan yang menjual produk-produk rumah tangga di minimarket, ataupun lainnya. Mereka memberitahukan kepada masyarakat bagaimana sejarah mereka, apa saja yang sudah mereka raih, dan apa saja yang mereka ciptakan dimasyarakat. Dengan demikian konsumen juga akan lebih yakin untuk memakai produk-produk mereka dipasaran.

 

  1. Bagi perusahaan yang menjual produk secara online

Apa yang ditawarkan berjualan secara online namun tidak bisa didapatkan dengan berjualan secara tradisional? Yaitu pelanggan yang tidak terbatas pada jarak dan tempat. Ya, berjualan secara tradisional hanya bisa menjangkau pelanggan disekitaran toko kamu berada. Jika toko kamu ada dipasar A, ya berarti konsumen kamu hanya terbatas pada orang-orang yang berbelanja di pasar A. Mustahil bagi kamu untuk bisa mendapatkan pembeli dari pasar B, apalagi pembeli yang beda kota dari toko kamu.

 

Namun semua itu akan teratasi dengan berjualan secara online. Tidak ada batasan jarak ataupun tempat dalam berjualan online. Siapapun dan dimanapun dia berada bisa menjadi pelanggan kamu. Yang kamu butuhkan hanyalah, toko kamu bisa diakses secara online. Bagaimana caranya? Salah satunya ialah dengan penggunaan website. Kamu bisa membangun toko online melalui sebuah website. Dengan demikian, kamu bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas. Bukan hanya pada satu kota yang sama, atau satu negara yang sama, dengan website, kamu bisa menjangkau pelanggan dari seluruh dunia. Hebat bukan?

Itulah penjelasan betapa pentingnya website untuk bisnis kamu, baik berjualan secara online maupun tidak. Dengan website, kamu bisa terhubung dengan pelangganmu dimanapun mereka berada. Saat ini, membangun sebuah website bukan lagi merupakan perkara susah. Jika kamu mempunyai toko offline dan ingin berjual secara online, namun tidak tahu cara membangun sebuah website, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website online shop profesional. Dengan menggunakan jasa pembuatan website, kamu hanya perlu fokus berjualan tanpa pusing memikirkan teknis pembuatan website.