Kenapa Banyak Orang atau perusahaan beriklan? Terutama biaya iklan yang mahal? Alasannya sederhana karena beriklan itu jika benar akan menguntungkan. Itulah mengapa beriklan disebut Investasi juga, Layaknya beli tanah, Emas hingga berdagang. Seperti data di atas dikutip dari Emailmarketinggold bahwa Kenapa pemasaran Online harus pakai SEO?

Karena berdasarkan riset data di atas, SEO adalah alat pemasaran paling efektif kedua setelah Email marketing. Tingkat ROI (return on investment/balik modalnya) nya adalah 2200 %. Apa maksudnya? Seperti data di atas, di umpamakan setiap investasi 1 $ ( 13.000 Rupiah) akan menghasilkan ROI 22.24 $ (Rp 286.000) atau sederhananya adalah 22 kali lipat.

Kini paham kan kenapa banyak orang berbodong-bodong beriklan terutama pemasaran online seperti Email marketing, SEO hingga Facebook Ads. Walaupun sering boncos (gagal) tapi dari semua kegagalan itu juga merupakan investasi dalam hal pengetahuan dan data yang kita peroleh. Jadi pada dasarnya jika kita gagal bukan berarti total rugi tapi investasi pada data untuk digunakan lagi selanjutnya.

Data ini lah yang penting namun masih sering diabaikan oleh pebisnis online pemula karena belum paham mengelolanya. Padahal jika bisa mengelolanya dengan baik jangankan bisa kaya raya untuk bisa memenangkan menjadi seorang kandidat presiden pun bisa cukup relatif mudah.

Tahukan berita yang sedang booming sekarang tentang kebocoran data pelanggan facebook yang kemudian data tersebut diolah oleh Cambridge Analytica untuk memenangkan presiden Donald Trump di Amerika serikat? Itulah salah satu kedahsyatan pemasaran online. Akibat kebocoran tersebut kini saham Facebook turun drastis dan mengalami kerugian ratusan juta triliuan ( Hadeh kadang uang seribu perak buat bayar parkir aja hilang pusing minta ampun, Ini Ratusan triliun lebih.. Untuk kita bukan Mark Zuckerberg ya.. Jadi ga pusing)

dan Tahukan kamu sebelum Donald Trump menang jadi presiden gara-gara salah satunya Facebook ? Bahwa ada Presiden sebelumnya juga menang gara-gara pemasaran online tapi bukan sepenuhnya facebook lebih condong karena pemasaran SEO. Ya, Barack Obama dia menang karena salah satunya pengusaan issue mesin pencari (monopoly issue). Dan kenapa saya sedikit tahu karena orang dibalik kemenangan tersebut adalah orang Indonesia, Mastah SEO Legend Adrian Fitra dan dia juga ikut menjadi salah satu tim kampanye Jokowi tahun Kemaren. Gila keren ya dia..

Lupakan mereka yang sudah Gila kita kembali ke basic dulu ya. Yups mulai dari recehan dulu.. kita bahas disini. Saya adalah pemain SEO yang tidak handal tapi cukup paham tentang tata caranya. Kemudian kenapa saya berani turun di SEO karena masih banyak peluang terbuka dan kita tidak perlu saingan. Kenapa?

SEO adalah hanya pemasaran, Jadi ada hal lainnya. Apa  maksudnya? Karena pemain SEO tidak bisa ambil semua kesempatan tersebut. Dulu pas awal-awal saya paham SEO saya coba jualan apapun. Wih.. Ini ada peluang, Hajar.. Wih ini ada peluang lebih keren.. Hajar lagi.

Akibatnya kewalahan order

dan saya akibatnya babak belur (Rugi) juga.. Kenapa? Karana kita tidak tahu seluk beluk prodaknya dan pasarnya bagaimana. Kita mungkin bisa berhasil menjualkannya tapi kita gagal di hal lainnya karena gagal mengetahui kualitas prodak dan hal lainnya yang fatal. Yups karena main hajar semua Dulu sering mengalami refund karena prodak rusak, dan kualitas prodak jelek.

Jadi dari beberapa pengalaman tersebut saya cukup paham, Kita harus menguasai seluk beluk detail prodak yang kita jual dan mengtes kualitas prodak tersebut dan paham medan perang bisnis tersebut. Ya, untuk mengetahui hal tersebut membutuhkan cukup banyak waktu, Itulah kenapa kita harus Fokus Bisnis.

Percuma bisa mendatangkan penjual banyak tapi gagal dalam kepuasan prodak. Oleh karena itu jika tidak mau belajar seluk beluknya prodak dan pasar maka kita hanya perlu bekerja sama degan ahlinya. Itu juga yang dilakukan saya sampai saat ini bekerja sama dengan ahli prodaknya dan tinggal menerima komisinya hehe..

Itulah mengapa SEO masing berpeluang banyak, Karena kita tidak bisa terjun disemua lini jika ingini berhasil dan kita tidak punya banyak waktu untuk mencari dan riset prodak-prodak apa saja yang bagus.

Pernah ada cerita dari salah satu klien kami. Kami terkejut ternyata setelah diriset minim saingannya tapi cukup berprospek dari riset awal kami. Setelah masuk halaman pertama ternyata benar, Omset meningkat bisa 5-20 kali lipat. Andainya kita tahu itu adalah prodak bagus, mungkin kami para marketer sudah turun ke pasar tersebut.

Tapi itulah rezeki, kita pada akhirnya akan masuk kepada cocok-cocokan bisnisnya (prodaknya). Ya Banyak cerita dari pebisnis yang mulai bisnis apa saja tapi pada akhirnya mereka tetap pada bisnis yang cocok tersebut.

Jadi mengapa SEO itu masih berpeluang, Karena masih banyak prodak yang bagus di luar sana yang belum dilirik banyak orang jadi minim saingan. Apalagi jika anda punya prodak yang lebih spesifik hanya orang-orang tertentu saja yang paham. Tentu itu akan meningkatkan closing dan masih berpeluang besar.

Semoga Bermanfaat

=============================================================================================

Itulah mengapa saya membuat bisnis ini >> Jasa Pembuatan Website Profesional + SEO + Google adwords

Share This

Share This

Share this post with your friends!