Lebih Bagus WordPress Atau Blogspot?

Bagi seorang pemula, solusi tercepat untuk memiliki sebuah website adalah dengan menggunakan content management system atau biasa lebih sering disingkat dengan CMS. Ada banyak sekali jenis CMS, tergantung jenis kebutuhannya, tapi yang umum digunakan adalah blogspot dan wordpress, dan kali ini kita akan membahas mana yang lebih bagus diantara keduanya.

Salah satu yang membuat orang-orang tertarik memakai CMS adalah, karena kemudahan membangun website dengan template yang tersedia. Banyak sekali template tertebaran diinternet, baik template gratisan atau template premium. Dengan template, bahkan kamu bisa membangun website dalam 1 hari, dan langsung bisa digunakan. Untuk itu, kami akan memaparkan 2 CMS paling populer di dunia, sehingga kamu bisa menentukan mana yang paling cocok untukmu.

Yang pertama kita bahas adalah wordpress.

WordPress sebenarnya terdiri dari 2 jenis, yaitu wordpress.com dan wordpress.org atau dikenal juga dengan istilah wordpress self-hosted. Dari sisi fungsi sebenarnya tidak jauh berbeda, cuma ada beberapa fitur yang dimiliki oleh wordpress self-hosted, tapi tidak dimiliki oleh wordpress.com. Seperti customise permalink. Ini simple, tapi permalink yang bagus juga menentukan tingkat kepercayaan pembaca terhadapmu. Jadi kalo kamu ingin terlihat lebih profesional, wordpress self-hosted adalah pilihan bagus ketimbang wordpress.com.

Keunggulan lain yang membuat orang-orang tertarik dengan wordpress adalah karena adanya fitur plugin yang membuat website terlihat sangat pro. Dengan plugin, kamu bisa membuat system-system tambahan yang membuat website kamu terlihat sangat kompleks. Salah satu plugin yang paling banyak digunakan adalah woocommerce. Ini adalah plugin untuk membuat toko online. Dengan woocommerce, kamu bisa membuat traksaksi jual beli melalui website, bahkan kamu juga bisa mengatur pengiriman barang dengan menggunakan layanan pengiriman seperti JNE, TIKI dll melalui website dengan tambahan bantuan dari plugin lain. Menarik bukan?

Selanjutnya blogspot.

Blogspot merupakan CMS besutan google. Jika kamu terbiasa menggunakan wordpress, kamu akan cukup kebingungan saat pertama kali menggunakan blogspot. Berbeda dengan wordpress, blogspot menggunakan bahasa xml pada templatenya.

Jika dibandingkan dengan wordpress, fitur pada blogspot sangatlah terbatas. Blogspot tidak bisa digunakan untuk membangun website-website yang memiliki sistem sangat kompleks seperti toko online.

Tapi keunggulan lain dari blogspot adalah kita tidak memerlukan hosting untuk menjalankan websitenya. Kita hanya perlu memiliki akun gmail, dan otomatis akan terhubung ke blogspot. Satu akun gmail bisa memiliki banyak web blogspot. Meskipun gratis, website yang dibangun dengan blogspot tetap bisa menggunakan Top Level Domain atau TLD (contoh : *.com, *.org, *.net).

Selain itu, daya tarik lain dari blogspot ialah ada nya fitur google adsense hosted di dashboard blogspot. Dengan google adsense, para blogger bisa menghasilkan uang melalui blog mereka. Biar kamu nggak bingung, google adsense itu terdiri dari 2 jenis, google adsense hosted dan google adsense non-hosted. Google adsense hosted hanya bisa dipasang di situs blogspot. Jadi jika kamu menggunakan wordpress, kamu tidak akan bisa mendapatkan fitur ini. Kamu harus menggunakan google adsense non-hosted jika ingin mendapatkan iklan dari google, dan untuk mendapatkan akunnya sangat susah.

Jadi kesimpulannya adalah, jika kamu ingin membangun situs yang sangat profesional dan cukup kompleks, wordpress adalah solusinya. Tapi kamu harus merogok kocek lebih dalam untuk membeli hosting. Namun jika dana kamu terbatas dan hanya ingin sekedar menulis artikel, menggunakan blogspot juga sudah oke. Namun kosekuensinya kamu tidak akan bisa mendapatkan fitur-fitur lebih seperti wordpress.

 

 

Apapun jenis CMS yang ingin kamu gunakan, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan web profesional murah untuk mebangun web kamu.