Pentingnya Content Marketing Untuk Meningkatkan Penjualanmu

Dalam beberapa tahun terakhir, content marketing selalu masuk dalam jajaran 5 besar trend Digital Marketing. Bahkan memiliki posisi yang lebih tinggi ketimbang search engine optimization (SEO). Meskipun dalam prakteknya SEO dan content marketing masih saling terhubung satu sama lain.

Trus bagaimana peran content markating dalam meningkatkan penjualan? Sebelum masuk ke point-point kunci, mari kita bahas dulu apa itu content marketing.

Secara umum content marketing dapat kita definisikan sebagai pemasaran online dengan mendistribusikan konten yang menarik, sehingga mampu mengarahkan calon pelanggan menjadi pelanggan. Lantas bagaimana content marketing bekerja sehingga penjualanmu meningkat tajam?

  1. Content marketing akan mendatangkan traffik

 

Pernahkah kamu melihat hampir setiap toko online memiliki blog di website mereka. Mungkin kamu pernah berfikir, untuk apa sih harus capek-capek nulis artikel segala, mending fokus jualan saja. Tapi mungkin kamu tidak pernah sadar bahwa konten-konten tersebut adalah strategi untuk mendatangkan pengunjung ke lapak mereka. Dengan konten yang menarik, secara tersirat kamu akan diarahkan ke halaman produk, sehingga kamu mulai berfikiran untuk melakukan transaksi di toko tersebut.

 

  1. Meningkatkan user engagement

 

Selain menjual produk, setiap toko online juga harus selalu menjaga hubungan baik dengan customernya. Hal ini diperlukan agar customer tetap loyal untuk berbelanja di toko bersangkutan. Inilah peran content marketing. Pasti kamu pernah melihat pada artikel-artikel yang dipublish sebuah blog toko online, mereka sering memberikan tips-tips dalam memilih produk yang bagus, atau membahas bagaimana tata cara merawat suatu barang, ini dilakukan dengan tujuan agar mereka dapat ‘berkomunikasi’ dengan pelanggannya. Komunikasi dalam artian, bahwa mereka seolah-olah sudah tahu apa yang dibutuhkan oleh customer, dan semua itu mereka informasikan melalui konten. Dengan demikian, customer akan merasa bahwa mereka selalu tertolong jika berbelanja di toko bersangkutan.

 

  1. Meningkatkan brand awarness

 

Melalui content marketing, kamu bisa membuat brand kamu jauh lebih dikenal oleh orang-orang. Pasti kamu sering melihat konten-konten bagus di instagram, dimana dibalik konten tersebut, sering terselip ‘iklan’ dari merk-merk tertentu. Kenapa kata-kata iklannya kami muat dalam tanda kutip? Karena dalam konten tersebut, mereka tidak secara terang-terangan beriklan, melainkan terselubung melalui konten. Masih bingung? Baiklah akan kami jelaskan lebih dalam. Sebagai contoh, di instagram, kita sering melihat video-video membuat sesuatu hal kreatif dari barang-barang bekas. Tapi barang-barang bekas yang mereka gunakan, adalah barang-barang bekas dari merk-merk tertentu. Dalam beberapa kesempatan, merk dalam barang bekas tersebut terlihat sangat menonjol di dalam video. Nah inilah iklan terselubung yang mereka lakukan. Kita sangat takjub dengan konten tersebut, tapi disisi lain, didalam kepala kita juga terekam merk-merk yang mereka gunakan dalam menciptakan ide kreatif tersebut. Dan konten yang bagus, akan berpotensi untuk direpost dan dibagikan di media social. Begitulah cara content marketing bekerja dalam meningkatkan brand awarness. Konten-konten tersebut akan semakin tersebar luas, dan brand kamu secara tidak langsung akan diketahui oleh orang-orang.

Setiap point dari content marketing tersebut akan saling berterkaitan dalam meningkatkan penjualan toko online kamu. Perhatikan target market kamu sebelum membuat konten. Bila setelah membaca artikel ini kamu memiliki ide konten yang bagus, namun kamu belum memiliki toko secara online, kami sarankan agar kamu segera beralih ke bisnis yang memanfaatkan teknologi. Sekarang membuat toko online bukanlah sesuatu hal yang sulit.

 

 

Jika kamu tidak bisa membuat website, kamu cukup menggunakan jasa pembuatan website online shop profesional untuk membangun toko online kamu. Setelah itu kamu bisa memanfaatkan content marketing untuk mendobrak penjualanmu.

 

Share This

Share This

Share this post with your friends!