Perlukah Blog Untuk Website e-Commerce?

Hampir semua toko online besar selalu mempunyai blog di website mereka. Jika kamu tidak percaya, kamu bisa buktikan sendiri, kunjungi beberapa toko online yang kamu suka, kemudian liat di menu utama atau di footer, biasanya mereka menyertakan link untuk blog.

Lantas seberapa penting blog untuk toko onlinemu? Jawabannya sangat penting. Mari kita bahas lebih dalam.

Toko online tidak akan menghasilkan apapun bila tidak ada satupun yang mengetahui keberadaan toko tersebut. Setuju? Bagaimana mungkin seseorang bisa melakukan transaksi disana jika dia saja tidak tahu tentang toko tersebut. Untuk itu, sebelum seseorang melakukan pembelian , toko online perlu melakukan promosi agar calon pembeli mengetahui produk mereka.

Promosi seperti apa yang dibutuhkan oleh toko online? Jawabannya adalah digital marketing. Toko online tidak bisa dipasarkan dengan strategi marketing tradisional seperti menyebar brosur dan sebagainya. Untuk menjangkau target market mereka yang merupakan pengguna internet, sebuah toko online juga perlu pemasaran yang dilakukan secara digital.

Dalam dunia digital marketing, ada banyak sekali teknik-teknik yang bisa dilakukan, baik itu search engine optimization (SEO), video marketing, dan sebagainya. Salah satunya adalah memasarkan dengan konten artikel.

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin muncul dikepalamu adalah, bagaimana bisa artikel bisa meningkatkan penjualan? Oke kita akan sampai kesana sebentar lagi.

Sebelumnya, pernahkah kamu merasa bimbang saat hendak membeli produk tertentu? Anggaplah kamu ingin membeli sebuah laptop, dan kamu bingung memilih antara Mac dengan Asus ROG. Kemudian kamu mulai searching digoogle, perbedaan Mac dan Asus ROG, atau kamu mencari keunggulan masing-masing laptop. Hingga akhirnya muncul beberapa artikel yang membahas produk tersebut. Saat kamu melakukan perbandingan, apapun yang kamu pilih, artikel tersebut akan mengarahkanmu ke halaman penjualan produk. Meskipun kamu memilih Mac ataupun memilih Asus, artikel tersebut tetap saja mengarahkan kamu ke halaman penjualan produk dari toko online tertentu.

Nah, sampai disini apakah kamu sudah mulai paham bagaimana kekuatan sebuah artikel dalam meningkatkan penjualan?

Dengan artikel, kamu bisa mempengaruhi seseorang dan mengarahkannya untuk melakukan pembelian di toko onlinemu. Banyak orang-orang diluar sana yang masih bimbang dalam melakukan pembelian, dan bahkan ketika ingin berbelanja secara online, mereka tidak tahu harus melakukan traksaksi di toko mana, dan mereka cenderung untuk melakukan pencarian di search engine seperti google.

Calon customer seperti inilah yang harus kamu incar dengan konten-konten yang menjual. Bila toko online mu tidak mempunyai blog, mustahil untuk mengarahkan customer seperti ini karena mereka akan lebih tertarik berbelanja di toko online yang bisa meyakinkan mereka dengan kelebihan dan kekurangan produk yang mereka jual.

Jadi, keberadaan blog pada website toko online sangatlah penting. Karena dengan blog tersebut, kamu bisa mengedukasi market tentang produk yang kamu jual. Bukan hanya itu saja, blog juga bisa jadi sarana bagi kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan, sehingga mereka selalu setia untuk berbelanja di toko onlinemu.

Setelah membaca artikel ini, kami harap kamu segera membangun blog untuk toko onlinemu. Jika kamu membuat toko online dengan cms wordpress, kamu bisa langsung menambahkan halaman baru untuk blog. Tapi jika kamu membangun toko online tanpa cms, kamu bisa membuat subdomain, dan menginstall wordpress disubdomain tersebut.

 

Atau jika kamu tidak memiliki keahlian untuk itu, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan web dan bandingkan harga jasa pembuatan website profesional sebelum menggunakan jasa mereka.

Share This

Share This

Share this post with your friends!