Tips Menulis Artikel Yang SEO Friendly dan Disukai Pengunjung

Ada banyak sekali manfaat menulis artikel di website. Baik untuk sekedar curhat di blog pribadi, mencari uang melalui iklan, atau meningkatkan jualan di toko online kamu.

Namun menulis artikel juga tidak segampang kedengarannya. Ada beberapa hal yang mesti kamu pahami sehingga para pembaca merasa senang saat berkunjung ke websitemu. Banyak artikel beredar di internet yang seolah-olah asal jadi. Yang penting ada, masalah kualitas? Itu urusan belakangan. Atau ada juga yang hanya fokus ke SEO, tanpa terlalu memikirkan konten webnya. Jika kamu melakukan hal seperti ini, saran kami perbaiki kualitas atau tidak sama sekali. Sebab bila kamu mempertahankan hal seperti itu, kamu sama saja dengan membuang-buang energi dan waktu.

Untuk itu, kami akan membagikan beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam membuat sebuah tulisan. Tips ini tidak banyak, tapi jika kamu pahami dan praktekan dengan baik, kamu akan memperbaiki kualitas tulisan di websitemu. Check it out!

  1. Pahami karakter pembaca

Sebelum mulai menulis, kamu wajib memahami karakter pembacamu. Maksudnya gini, setiap jenis website, memiliki karakter pembaca yang berbeda-beda. Contohnya website yang membahas berita nasional, pembacanya cenderung lebih suka bahasa yang formal dan tidak bertele-tele, atau kalo website yang membahas seputar lifestyle, pembacanya cenderung lebih menyukai bahasa yang ringan dan santai, serta tidak meski menggunakan kata baku.

 

Jika kamu sudah paham point ini, sekarang giliran kamu melakukan riset terhadap pembaca diwebsitemu, karakter mereka seperti apa.

 

  1. Gunakan bahasa yang menunjukkan jati diri website kamu

Bila kamu sudah menetapkan karakter pembacamu seperti apa, sekarang  kamu juga harus memiliki karakter sendiri. Maksudnya ciri khas yang membuat website kamu berbeda dari yang lain. Salah satunya adalah gaya bahasa yang konsisten. Jangan plin plan, misalkan hari ini kamu menggunakan bahasa yang formal, kemudian besoknya menggunakan bahasa gaul. Ini bisa berdampak jelek kepada websitemu. Pengunjung justru akan berfikiran bahwa artikel diwebsitemu tampak rada abal-abal.

 

Kamu harus konsisten dan jadikan itu sebagai citra dari website kamu.

 

  1. Bahaslah sebuah topik sampai benar-benar terperinci

Buanglah konsep ‘Yang penting update tulisan’. Yang terpenting itu bukan seberapa banyak tulisan yang kamu terbitkan, tapi seberapa berkualitas konten yang kamu sajikan. Jangan membahas topik yang setengah-setengah, atau tidak terlalu dalam. Berikan pembaca informasi yang sedetail-detailnya.

 

  1. Gunakan kualitas kontenmu untuk mendobrak posisi di search engine

Sekarang kita akan membahas sedikit teknis dari SEO. Tahukah kamu bahwa setiap tahunnya google selalu memperbaharui algoritma dalam memberikan peringkat terhadap website-website di hasil penelusuran. Google paham bahwa yang melakukan penelusuran diwebsite mereka adalah manusia, bukan robot. Oleh sebab itu mereka akan memberikan peringkat sesuai dengan penilaian manusia.

 

Pada point ini, sebenarnya berkaitan erat dengan point pertama dan kedua yang sudah kamu baca sebelumnya. Jadi tolong kamu pahami baik-baik penjelasan berikut. Google itu melakukan bisnis, dan tentu mereka tidak mau merugi jika memberikan peringkat pada website-website yang artikelnya tidak terpercaya. Indikatornya apa? Salah satunya adalah user engagement. Jika kamu belum paham user engagement, itu semacam bagaimana respon seseorang terhadap artikel yang mereka baca. Seperti, berapa lama dia membaca artikel? Setelah dia baca, apakah dia memencet tombol like atau tidak pada artikel tersebut? Kemudian apakah artikel tersebut di share atau tidak oleh pembaca? Google menjadikan itu sebagai salah satu indikator dalam memberikan peringkat kepada sebuah website.

 

Looh…trus apa kaitannya dengan point satu dan dua? Nah jadi, untuk mendapatkan user engagement yang bagus, kamu mesti memahami karakter pembacamu, dan menulis artikel seperti yang mereka mau, ketika kamu menulis artikel yang sesuai selera pembaca, mereka akan betah berlama-lama diwebsitemu, dan besar kemungkinan untuk dilike dan dishare. Dengan begitu google akan menilai artikel kamu layak direkomendasikan kepada orang lain.

Nah itulah 4 point kunci yang wajib kamu kuasai dalam menulis artikel. Saat ini peringkat di google tidak hanya terfokus kepada backlink dari website lain, tapi lebih kepada seberapa berkualitas konten kamu dimata pembaca.

 

Jika kamu tertarik membuat tulisan di blog namun belum punya website, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional jakarta.